Cara Melindungi Komputer Anda Dari Lonjakan Daya Listrik (Voltase Tidak Stabil)


Apakah Anda memiliki banyak informasi yang tersimpan di komputer Anda? Jika Anda seperti kebanyakan orang, saya yakin Anda memiliki banyak sekali dokumen penting, catatan dan informasi sensitif yang disimpan pada hard drive Anda. Jika komputer Anda rusak, banyak informasi penting akan hilang. Kami di sini untuk memastikan bahwa tidak terjadi, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah membahas salah satu penyebab utama kerusakan komputer terutama kerusakan pada hard drive Anda yaitu lonjakan daya listrik.

Bagaimana kita melindungi perangkat kita?

Untuk melindungi perangkat kita, ada alat pelindung lonjakan arus yang tersedia di pasar saat ini. Pilihan yang murah adalah dengan membeli penekan lonjakan arus. Alat ini digunakan sebagai colokan untuk menghubungkan perangkat Anda, tapi tidak seperti colokan biasa, alat ini membantu melindungi perangkat yang terhubung dari gangguan lonjakan listrik maupun sambaran lonjakan arus. Hal itu membuat tegangan batas dan memblok atau memperpendek tegangan yang tak diinginkan, menjaganya agar komputer Anda terhidar dari lonjakan daya.

Jika Anda ingin pelindung lonjakan listrik yang lebih kuat, Anda dapat merasakan diri Anda tanpa adanya gangguan lonjakan daya listrik dengan Uninterruptible Power Supply (UPS). UPS menjaga perangkat Anda tetap berfungsi bahkan setelah daya padam (listrik mati), jadi tidak hanya melakukan perlindungan pada perangkat Anda dari lonjakan daya, juga memberikan Anda cukup waktu untuk menyimpan pekerjaan Anda dan mematikan komputer Anda dengan benar. Sebuah perangkat UPS umumnya dapat membuat komputer Anda tetap hidup hingga 5 menit - 15 menit lamanya (tergantung pemakaian). Walaupun hal ini merupakan opsi yang cukup mahal, dengan harga terendah per-unitnya sekitar 800ribuan hingga jutaan rupiah, tetapi itu tidak sebanding dan akan sangat membantu dalam melindungi pekerjaan Anda dan perangkat Anda juga. Ini adalah sebuah investasi kecil yang dapat menyelamatkan Anda dari kerusakan potensial dan kehilangan data penting Anda.

Jika Anda memang tidak ingin membeli semua ini, maka cara terbaik untuk melindungi komputer Anda adalah melakukan hal yang dasar: cabut kabel powernya dari stop kontak ketika tidak digunakan.

Apa yang terjadi jika perangkat saya sudah terkena dampak oleh lonjakan daya listrik?

Komputer Anda tidak dapat menyala? Apakah komputer Anda mendadak lambat? Apakah Monitor PC Anda berkedip? Kemungkinannya adalah, komputer Anda terkena dampak lonjakan listrik dan Anda bahkan tidak mengetahuinya. Joel Lee dari MakeUseOf mengatakan "Sistem operasi yang kompleks dan mereka harus melalui" tahapan shutdown "untuk memastikan semua proses yang berjalan telah dihentikan dengan benar sebelum komputer dimatikan. Ketika komputer Anda tiba-tiba kehilangan tenaga listrik ini dapat mengganggu benang penting dan meninggalkan komputer Anda dalam keadaan tidak bisa dioperasikan." Ini adalah salah satu hal yang kita tidak inginkan terjadi pada komputer anda.

Sekarang Anda tau pengetahuan tentang perangkap lonjakan daya dan dampaknya pada perangkat elektronik Anda. Segera lindungi perangkat Anda!
Previous
Next Post »