5 Langkah Untuk Lebih Terlibat Dalam Aktivitas Online Anak Anda


Hal ini tidak mengherankan bahwa anak yang tumbuh di dunia modern sangat berbeda dari anak yang tumbuh pada beberapa dekade terakhir. Salah satu perubahan besar ini disebabkan oleh komputer dan bermunculannya teknologi baru, ada begitu banyak orang saat ini yang percaya bahwa masa kecil mereka jauh lebih baik hidup tanpa teknologi modern daripada apa yang dialami anak-anak saat ini. Ya, anak-anak sekarang mungkin berpikir bahwa bermain perang dengan sticks sebagai senjatanya ini sebenarnya merupakan cara yang menyenangkan hanya untuk menghabiskan waktu luang mereka.

Jika Anda adalah orang tua, Anda mungkin khawatir tentang anak Anda yang terhubung ke internet setiap hari. Alasan utama kekhawatiran ini adalah fakta bahwa saat ini internet adalah jaringan yang besar dimana orang dapat menemukan apa pun yang mereka cari. Jika Anda ingin memastikan bahwa anak-anak Anda aman di internet, tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda

1. Menunjukan Ketertarikan Dalam Mencapai Kesuksesan Di Internet Pada Anak Anda

Satu hal sederhana, dan benar-benar berdampak di kehidupan nyata. Ingat ketika Anda sendiri masih anak-anak, dan orang tua Anda memajang semua lukisan Anda ke dinding? Apakah hal itu membuat Anda senang dan bangga? dan hal itu terjadi juga pada anak Anda.

Jika anak Anda kebetulan membuat sesuatu di Internet, dan hal itu positif. Pastikanlah untuk mendukungnya dan menunjukan kepada semua orang bahwa Anda bangga pada anak Anda. Ini akan membantu menyingkirkan rasa kekalutan anak-anak saat orang tua mereka yang hadir dalam kehidupan online mereka. Hal ini juga dapat memberikan dorongan besar untuk mencapai impian dan tujuan mereka. 

Jujur saja hal itu belum pernah terjadi pada Saya sendiri dan apa yang terjadi jika Anda (para orang tua) tidak melakukan hal sederhana yang Saya tulis diatas? Maka Saya akan menjadi tertutup dan Anda tak pernah tau apa yang Saya lakukan di Internet. Ini sungguh disayangkan jika terjadi pada anak Anda.

2. Merangkul Kehidupan Online Sosial Mereka

Entah itu melalui Facebook, Twitter atau jejaring sosial lainnya, pastikan Anda untuk berteman atau mengikuti anak Anda. Ini akan menjadi cara yang sederhana dan non-intrusif untuk memantau aktivitas online mereka. Pastikan untuk tidak berinteraksi terlalu banyak meskipun hanya menyukai dan mengomentari setiap posting ini akan menjadi masalah serius dan dapat mengganggu siapa pun (buka hanya anak Anda), dan rasa ingin tahu Anda hanya akan menghasilkan pemblokir untuk melihat posting mereka selamanya.

3. Mainkan Permainan Bersama

Sangat disayang sekali, tapi itu benar. Ada banyak orang yang percaya bahwa permainan modern membuat anak-anak lebih agresif, memprovokasi depresi, dan mendorong perilaku berbahaya. Permainan itu sendiri tidak pernah melakukan kesalahan apapun, kuncinya adalah untuk memilih permainan yang tepat. Setiap anak-anak berbeda, sehingga Anda harus memilih permainan yang menghibur, ada banyak hal menarik di luar sana yang mungkin membantu anak Anda menjadi lebih aktif (pikirkan tentang Xbox dengan Kinect, ia menawarkan Anda kesempatan untuk bermain tenis dalam ruangan, serta berlatih permainan aktif lainnya). RPG bahkan dapat membantu dengan masalah psikologis anak-anak Anda.

Anda akan kaget oleh berapa banyak tawa dan kebahagiaan Anda akan memiliki bersama-sama. Bermain game akan memperkuat hubungan Anda dan membantu Anda menjadi lebih dekat, yang merupakan kunci untuk keamanan anak-anak Anda, ketika hubungan Anda dengan anak Anda sangat dekat. Maka, mereka akan jujur dengan Anda tentang segala sesuatu yang mereka lakukan.

4. Menjadi Pengguna Teknologi Baru


Jika Anda adalah orang tua yang paranoid, lakukan penggunaan cara praktis untuk memantau kegiatan anak Anda. Aplikasi dan program pemantauan orangtua akan membantu Anda dan mencegah anak-anak melihat dari materi yang tidak diinginkan diinternet, serta dapat memblokir mereka berbicara dengan orang asing yang mencurigakan.

Namun, hal ini tidak harus menjadi taktik utama Anda. Hal yang terpenting Ajaklah anak Anda berbicara dengan cara yang menghormati kebebasan dan privasi mereka, dan mendorong mereka untuk jujur. Pahamilah dan mereka tidak akan takut untuk memberitahu Anda tentang apa yang terjadi pada mereka diinternet.

5. Behentilah Menjadi Orang Tua Jadilah Seorang Teman


Berbeda dengan orang tua Anda sendiri, Anda tidak punya hak untuk mengatakan teknologi baru berdampak buruk bagi anak Anda. Anda sendiri pun menggunakannya setiap hari, dan Anda tahu bahwa masalah terbesar dengan internet sebenarnya orang yang duduk di depan layar komputer itu sendiri. Jadi, itu adalah tugas Anda untuk mengajarkan anak Anda tentang kehidupan online serta bahayanya. Berkonsentrasi pada hal-hal lebih kecil daripada moral.
Previous
Next Post »